Tips Menyiapkan Bekal Makanan Untuk Pendakian Gunung

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih makanan untuk kegiatan pendakian gunung. Perbekalan makanan dalam pendakian gunung memang tidak bisa dilakukan sembarangan karena hal tersebut menunjang untuk kegiatan Anda.

www.belantaraindonesia.org

1. Tinggi Energi
Kebutuhan energi bisa meningkat hingga 50%dari kondisi normal ketika Anda melakukan pendakian gunung. Jadi, pertimbangkan makanan yang kandungan energinya tinggi. Jika berat atau volume makanan itu kemudian jadi persoalan, coba manfaatkan makanan dengan kepadatan energi yang tinggi seperti cokelat, kacang - kacangan, biskuit, dan lain - lain.

2. Mudah Disiapkan
Jika Anda memasak dan hanya punya sedikit waktu serta memiliki bahan bakar, kemampuan, maupun peralatan dapur yang terbatas, Anda perlu membawa bahan makanan yang mudah diolah. Pilih yang di bawah 15 menit.

3. Bobot Ringan
Penting bagi Anda untuk selalu membawa makanan Anda sendiri. Jika memungkinkan, pilih tipe dryfood, yang akan meringankan beban Anda.

4. Mudah Disimpan
Jangan lupa untuk memilih makanan - makanan yang mudah dikemas dan memiliki masa kadaluarsa yang lama. Simpan makanan Anda dalam kemasan yang rapi, kokoh, namun ringkas. Jika perlu, bagi berdasarkan peruntukkan atau waktu penggunaan. 

5. Bervariasi
Pilih makanan yang sesuai dengan selera Anda atau rekan satu tim. Bagaimana pun, makanan yang Anda pilih tak akan mempunyai nilai tinggi sebelum bisa masuk ke mulut Anda. Pilih juga makanan yang bervariasi hingga Anda tidak mengalami kebosanan saat akan melakukan mendaki gunung.

6. Sesuaikan Isi Kantong
Ingat, jangan lebih besar pasak dari tiang. Sesuaikan juga makanan yang akan Anda gunakan dengan anggaran Anda. Jika memungkinkan, cari dukungan dari sponsor. Tentu saja, untuk hal ini Anda harus memberi imbal balik.

7. Nutrisi Seimbang
Pasokan nutrisi yang seimbang akan mempertahankan performa Anda di lapangan, baik secara fisik maupun mental. Dalam perjalanan panjang, pertimbangkan untuk menggunakan multivitamin dan suplemen mineral.

Berikut ini makanan - makanan yang kami rekomendasikan sebagai bekal pendakian gunung Anda:

Selai kacang atau kacang - kacangan. 
Keju, terutama keju asli seperti edam cheese. 
Protein bar atau snack bar tinggi lemak dan tidak terlalu tinggi gula ( snickers bar, dark chocolate ). 
Cracker, rice cake, biskuit. 
Dried fruit ( buah kering ) seperti kismis, kurma, aprikot, kiwi, dan lain - lain. 
Makanan kaleng yang gampang dibuka tanpa menggunakan alat, seperti tuna kalengan. 
Madu 
Minuman jahe bubuk instan  src
0 Komentar untuk "Tips Menyiapkan Bekal Makanan Untuk Pendakian Gunung "

Back To Top